Ini Dia 4 Aktivitas Bermanfaat Bagi Mahasiswa Yang Akan Memperluas Jaringan Dan Pengetahuan


Berstatus sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi tertentu itu sudah biasa. Namun, menjadi mahasiswa yang menggeluti berbagai aktivitas seru dan bermanfaatmerupakan hal yang luar biasa. Sebenarnya ada banyak sekali aktivitas bagi mahasiswa yang memiliki manfaat untuk memperluas jaringan serta pengetahuan.

Ragam aktivitas yang dipilih tentu akan berdampak pada kehidupan di masa mendatang. Oleh karena itu, agar masa kuliah lebih produktif dan bermanfaat, simak ulasan yang dapat menunjang masa-masa pencarian jati dirimu berikut.

  • Pertukaran Pelajar

Salah satu aktivitas berfaedah bagi mahasiswa yang kini berada di tengah semester adalah pertukaran pelajar (student exchange). Kegiatan ini memungkinkan para pesertanya merasakan lingkungan akademik kampus yang baru di berbagai belahan negara. Aktivitas yang satu ini juga dapat menambah kemampuan berbahasa asing kalian.

Karena program ini menuntut mahasiswa untuk berinteraksi dengan rekan sesama mahasiswa, dosen, atau bahkan warga sekitar dengan bahasa dan budaya yang berbeda. Jalinan interaksi inilah yang nantinya akan membantu mahasiwa memiliki jaringan akademis internasional yang luas dan seumur hidup.

Pertukaran mahasiswa ini ditawarkan untuk mahasiswa mulai jenjang S1 hingga S2 dari berbagai negara. Tentunya masing-masing program memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Tunggu apalagi? Segera siapkan diri dan persyaratannya.

  • Intership

Aktivitas berfaedah bagi mahasiswa berikutnya adalah internship. Internship atau magang merupakan kesempatan bekerja yang diberikan oleh sejumlah perusahaan bagi mahasiswa fresh graduate atau tingkat akhir guna mengembangkan kompetensi dan keahlian di bidang tertentu. Meski program ini tidak menjanjikan banyak pendapatan atau bahkan ada yang tidak dibayar sama sekali, namun di situlah kredibilitasmu diuji.

Keuntungan yang bisa didapat dalam mengikuti kegiatan internship saat masih berstatus sebagai mahasiswa adalah menabung identitas. Saat sebuah perusahaan mempercayakan salah satu posisinya, di saat itu pula kamu dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian tanpa perlu khawatir karena posisimu masih dalam tahap belajar.

Di situlah identitas dan reputasimu akan terbangun di sebuah komunitas. Dan dengan sendirinya peluang untuk diterima di berbagai perusahaan saat lulus kuliah nanti sangat besar.

  • Konferensi Internasional

Mengikuti konferensi internasional akan membuka cakrawala yang mendalam mengenai dunia penelitian. Dalam konferensi ini terdapat berbagai individu yang mempresentasikan penelitiannya yang sudah terpublikasi atau belum dari berbagai bidang ilmu dan negara.

Hal ini tentu menjadi bekal yang amat baik saat menulis penelitian sejenis skripsi atau tesis. Dengan kata lain, kegiatan mengikuti konferensi internasional bisa menjadi salah satu aktivitas berfaedah bagi mahasiswa yang akan menulis penelitian, baik yang ingin dipublikasikan ataupun tidak.

Dengan sering hadir di berbagai konferensi internasional, persiapan menulis sebuah penelitian dapat dilakukan lebih matang. Konferensi internasional ini bisa diikuti di beberapa universitas di Indonesia, seperti Universitas Az Zahra, Universitas Indonesia dan beberapa universitas lain.

  • Ajang Kompetisi

Perlu diketahui bahwa berbagai bentuk ajang kompetisi pada mahasiswa memang tidak boleh untuk dilewatkan. Kegiatan ini seringkali diadakan oleh pihak universitas atau organisasi kemahasiswaan tertentu dengan imbalan berupa uang, trophy, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Bila berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi tertentu, tentu kamu akan dikenal sebagai mahasiswa yang telah memiliki karya. Selain dapat mengasah kreativitas dan wawasan, sejumlah ajang tersebut bisa menjadi ajang uji mental sekaligus mengasah hobi atau bidang yang telah lama ditekuni untuk selalu tangguh.

Jadi, sebelum status mahasiswamu terlewat begitu saja dengan berbagai kegiatan kekinian yang belum tentu bermakna, ada baiknya mencoba salah satu aktivitas berfaedah di atas, sehingga tidak hanya lelah yang didapat, tetapi juga nilai dan reputasi dalam diri ikut terbangun.

https://www.gurupendidikan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *